Selamat Datang di Galaksi. . . Selamat Belajar. . . Semoga Bermanfaat. . .Salam Galaksi. . .

Selasa, 02 September 2014

Peta Pita

 PETA PITA
     Peta pita adalah suatu gambaran daerah yang dilewati pada suatu perjalanan secara runtut yang dituangkan dalam gulungan kertas yang panjang sehingga menyerupai pita. Seperti pengertiannya, tujuan pembuatan peta pita ini adalah untuk menggambarkan keadaan daerah yang dilalui dalam perjalanan dari suatu tempat ke tempat lainnya.
Peralatan yang dipersiapkan dalam pembuatan peta pita ini adalah :
1. Kompas
2. Kertas / gulungan kertas
3. Penggaris panjang
4. Pensil
5. Papan jalan/ papan ujian
        Hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan peta pita :
1. Penentuan Skala
Skala yang digunakan dalam peta pita harus tepat sehingga dapat menggambarkan kondisi daerah pada jarak tertentu secara benar.

2. Pembuatan Keterangan
Keterangan adalah simbol mengenai apa-apa yang dilihat selama melakukan perjalanan baik yang ada disebelah kiri maupun yang ada di sebelah kanan, yang perlu digambarkan adalah tanda-tanda berupa bangunan-bangunan penting atau suatu daerah yang mencolok.

3. Penulisan Arah Utara, Jarak, dan Waktu
Arah utara digambarkan sesuai dengan arah utara kompas. Jarak dituliskan berdasarkan ukuran yang ada dengan skala yang sudah ditentukan. Untuk waktu bisa dilihat dengan jam sesuai saat berangkat dan tiba di setiap belokan.

       Dalam pembuatan peta pita setiap berganti arah hendaknya dibidik pula berapa derajat perbelokan arahnya dengan kompas. Berikut adalah contoh pembuatan peta pita:


Berikut contoh keterangannya:








2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. thanks... y!pas bnget bsk aku mau kemah perata jdi bljar dlu peta pita.a......hehehe

    BalasHapus